Wisata Religi, Masjid Tiban Wonokerso di Wonogiri Lebih Tua Dari Masjid Agung Demak

Nama Wisata :
» Masjid Tiban Wonokerso
Alamat :
» Dusun Wonokerso, Desa Sendangrejo, Kecamatan Baturetno, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah
Jenis Wisata :
» Religi
Pesona :
» Masjid tertua yang dibangun sebelum Masjid Agung Demak
Parkir :
» Gratis
Tiket :
» Gratis


Pariwisata Wonogiri jika ditelusuri ternyata memang sangat banyak. Mulai dari wisata alam hingga wisata religinya. Waduk Gajah Mungkur adalah tempat wisata paling populer, Kahyangan adalah tempat wisata religi paling terkenal. Namun tahukah Anda, ternyata tempat wisata Religi di Kabupaten Wonogiri ternyata bukan hanya Kahyangan, tapi juga Masjid Tiban Wonokerso.

Belum sepopuler Kahyangan, Masjid Tiban Wonokerso sebenarnya adalah sebuah Masjid peninggalan Walisongo yang konon dibagun sebelum Masjid Agung Demak. Letaknya berada di Dusun Wonokerso, Desa Sendangrejo, Kecamatan Baturetno.

Bangunan Masjid Tiban Wonokerso

Masjid Tiban Wonokerso diperkirakan dibangun pada Tahun 1479 Masehi. Hal itu dapat dilihat dari tanda berupa bentuk penyu di bagian atas masjid yang dapat di artikan angka 1401 Saka atau sama dengan 1479 Masehi.

Bangunan Masjid Tiban Wonokerso masih orisinil, bentuknya mirip seperti bangunan rumah panggung yang dianjang, namun menyerupai Masjid Agung Demak dengan ukuran 7,5 x 7,5 meter. Semua sambungan kayu menggunakan pasak kayu jati bukan paku besi.

Keempat ompak atau yoni yang merupakan soko guru, semua terbuat dari pokok kayu jati. Antara satu dengan lainnya berbeda, baik bentuk maupun karakter batang kayu serta ukurannya. Bentuk Kubahnya sangat unik dan berbeda dengan Masjid pada umumnya, Masjid Tiban Wonokerso memiliki Kubah berbentuk mahkota raja yang terbuat dari tanah. Walaupun dari tanah, sampai saat ini Kubah Masjid tersebut belum menampakkan kerusakan, meski dimakan usia dan didera panas maupun hujan.

Ruangan Masjid Tiban Wonokerso

Dalam ruangan Masjid Tiban Wonokerso, terdapat sebuah mimbar kayu jati tua dengan ukiran unik. Di sana-sini terdapat simbolisasi kebesaran Islam bintang Oktagonsegi delapan. Ukiran yang sama banyak ditemui di tiap sambungan kerangka masjid.

Sejarah Masjid Tiban Wonokerso

Masjid Tiban Wonokerso merupakan bukti sejarah usaha Walisongo dalam mencari kayu jati pilihan untuk membangun Masjid Agung Demak. Saat itu Walisongo dengan dipimpin Sunan Kalijaga menelusuri Bengawan Solo menuju Hutan Jati Donoloyo. Sesampainya di suatu tempat yang banyak ditumbuhi pohon jati Walisongo memutuskan untuk menghentikan pencarian. lantaran mereka meyakini itulah Hutan Jati Donloyo yang dimaksud. Di situ mereka membangun sebuah masjid sebagai tempat beribadah sekaligus tempat bermalam.

Namun setelah mengetahui ternyata kayu jati yang mereka cari tak jua ditemukan. Akhirnya Walisongo sadar bahwa tempat tersebut bukan hutan jati yang selama ini dicari. Sepakat mereka meninggalkan tempat itu berikut Masjidnya. Dan masjid yang mereka tinggalkan itulah yang diyakini sebagai Masjid Tiban Wonokerso.

Dalam sejarah perjuangan masjid ini ternyata menyimpan kandungan historis yang cukup tinggi. Lantaran pendiri Kabupaten Wonogiri, Raden Mas Said atau lebih dikenal dengan sebutan Pangeran Sambernyawa pernah suatu saat bersembunyi di bawah kolongnya. Hal ini membuat penjajah Belanda yang mengejarnya merasa kehilangan jejak.

Karena mempunyai nilai sejarah dan budaya yang tinggi, Masjid Tiban Wonokerso ditetapkan sebagai lingkungan cagar budaya. Dan keberadaannya dilindungi undang-undang. Hingga sekarang tempat ini tetapdipakai untuk sentra peribadahan kaum muslim di sekitarnya.

Akomodasi/Perjalanan Menuju Masjid Tiban Wonokerso

Masjid Tiban Wonokerso berjarak 40 km di sebelah selatan pusat kota Wonogiri.

Judul: Wisata Religi, Masjid Tiban Wonokerso di Wonogiri Lebih Tua Dari Masjid Agung Demak

Related Posts:

2 Responses to "Wisata Religi, Masjid Tiban Wonokerso di Wonogiri Lebih Tua Dari Masjid Agung Demak"

Hay sobat, jangan lupa tinggalkan komentar ya, karena komentar sobat sangat bermanfaat bagi kelangsungan blog ini.
Berkomentarlah dengan bijak tanpa menyinggung pihak lain, tanpa unsur sata dan pornografi.