Fakta Unik Tentang Burung Hantu


Fakta Unik Tentang Burung Hantu - Burung hantu adalah kelompok burung dari anggota ordo Strigiformes. Burung ini termasuk golongan burung karnivora (pemakan daging) dan merupakan hewan malam (nokturnal). Burung memiliki  memiliki mata yang unik dan berbeda dengan burung lain, yakni dua mata didepan. Selain matanya, burung hantu juga memiliki beberapa fakta unik lainnya.
Apa saja? Berikut ini adalah fakta unik tentang burung hantu:

Fakta Unik Tentang Burung Hantu ke-1
Burung hantu sudah ada sejak zaman kuno, hal ini terbukti dengan digunakannya burung hantu sebagai simbol-simbol kuno seperti pada Mesir dan bangsa Maya.

Fakta Unik Tentang Burung Hantu ke-2
Tahu nggak kenapa burung hantu tidak bisa menggerakan matanya untuk melirik ke kanan atau kiri. Karena mata burung hantu dilingkupi oleh tulang mata, sehingga matanya tidak bisa melirik seperti burung lainnya.

Fakta Unik Tentang Burung Hantu ke-3
Burung hantu merupakan burung pemakan daging alias karnivora. Santapan utama mereka adalah hewan-hewan pengerat kecil seperti tikus. Bahkan burung hantu yang hidup di peternakan mampu memakan 1000 tikus dalam waktu satu tahun. Selain tikus, burung hantu juga memakan serangga, reptil kecil, dan ikan.

Fakta Unik Tentang Burung Hantu ke-4
Tahu tidak, ternyata burung hantu itu memiliki 3 kelopak mata. Kelopak mata pertama berfungsi untuk berkedip, satu untuk tidur, dan satu untuk menjaga mata agar tetap bersih dan sehat.

Fakta Unik Tentang Burung Hantu ke-5
Berbeda dengan burung lain, burung hantu memiliki telinga yang unik. Yakni memiliki ukuran dan tinggi yang berbeda dengan kepalanya. Bentuk unik ini memberikan kelebihan tersendiri untuk pendengaran burung ini, yang membuatnya memiliki daya pendengaran paling baik diantara burung lain. Tentunya hal ini sangat membantu burung hantu dalam menentukan pergerakan mangsanya, daripada mengandalkan kemampuan matanya yang cukup buruk.

Fakta Unik Tentang Burung Hantu ke-6
Terdapat 222 spesies burung hantu berbeda yang hidup tersebar di semua benua di dunia, kecuali benua Antartika.

Fakta Unik Tentang Burung Hantu ke-7
Di sekitar telinga burung hantu terdapat lembaran-lembaran bulu. Lembaran-lembaran ini bukanlah untuk mebantu pendengaran, melainkan untuk berkamuflase, atau untuk menakut-nakuti burung lainnya.

Fakta Unik Tentang Burung Hantu ke-8
Burung hantu dikaruniai kelebihan yang luar biasa pada kepalanya, karena dapat berputar hingga 280 derajat.

Fakta Unik Tentang Burung Hantu ke-9
Selain kepala, kaki burung hantu juga luar biasa. Karena kaki burung hantu merupakan kaki zygodactyl yang memiliki dua jari belakang dan dua jari depan. Bentuk kaki seperti ini semakin menguatkannya sebagai seorang Predator.

Fakta Unik Tentang Burung Hantu ke-10
Fosil tertua burung hantu yang ditemukan berumur 58 juta tahun.

Fakta Unik Tentang Burung Hantu ke-11
Jenis burung hantu terbesar didunia adalah Orinmegalonyx oteroi, dengan tinggi sekitar 3 kaki.

Fakta Unik Tentang Burung Hantu ke-12
Bentuk muka rata dan bulat burung hantu mampu menyalurkan suara ke telinga burung ini dan memperbesarnya sebanyak sepuluh kali lipat untuk membantunya mendengar suara-suara yang tidak dapat dideteksi manusia.

Fakta Unik Tentang Burung Hantu ke-13
Di dunia barat, burung hantu dianggap sebagai simbol kebijaksanaan. Tetapi dibeberapa tempat di Indonesia dianggap pembawa pratanda maut, maka namanya Burung Hantu.

Fakta Unik Tentang Burung Hantu ke-14
Kebanyakan burung hantu tidak bermigrasi, tetapi mereka dapat hidup nomaden dalam mencari sumber makanan terbaik. Beberapa spesies, seperti burung hantu salju, memiliki waktu serangan yang teratur.

Fakta Unik Tentang Burung Hantu ke-15
Dalam bahasa Inggris, sekelompok burung hantu disebut parliament, wisdom, dan study. Sedangkan bayi burung hantu disebut owlet.

Fakta Unik Tentang Burung Hantu ke-16
Ancaman terbesar bagi burung hantu adalah hilangnya habitat, pestisida yang digunakan untuk pupuk tanaman, dan penganiayaan manusia karena kepercayaan terhadap burung hantu yang negatif.

Fakta Unik Tentang Burung Hantu ke-17
Burung hantu memiliki bulu khusus dengan pinggiran lembut yang berguna untuk meredam suara saat mereka terbang. Sayap yang luas dan tubuh yang ringan juga menjadikannya makhluk terbang yang senyap, yang membantu mereka menangkap mangsa denganmudah.

Fakta Unik Tentang Burung Hantu ke-18
Burung hantu betina lebih besar, lebih berat, dan lebih agresif dari pejantan. Jika sifatnya dimorfik, betina sering memiliki warna yang lebih kaya dibandingkan pejantan.

Fakta Unik Tentang Burung Hantu ke-19
Faktanya tidak semua burung hantu bersuara. Namun uniknya, burung hantu dapat membuat berbagai jenis suara, seperti memekik, melengking, menyalak, dan mendesis.

Fakta Unik Tentang Burung Hantu ke-20
Saat burung hantu bersuara disarang, suara mereka dapat terdengar hingga beberapa kilometer.

Demikianlah artikel mengenai Fakta Unik Tentang Burung Hantu yang dapat Sejuta Fakta berikan.
Sekian dan terimakasih telah berkunjung, luangkan waktu buat berkomentar ya..

Gambar: elfjo,blogspot,com

Related Posts:

0 Response to "Fakta Unik Tentang Burung Hantu"

Post a Comment

Hay sobat, jangan lupa tinggalkan komentar ya, karena komentar sobat sangat bermanfaat bagi kelangsungan blog ini.
Berkomentarlah dengan bijak tanpa menyinggung pihak lain, tanpa unsur sata dan pornografi.