Fakta Unik Kuda Nil


Fakta Unik Kuda Nil - Kuda Nil merupakan salah satu hewan yang berasal dari benua Afrika. Mamalia darat terbesar ke-2 setelah gajah ini memiliki ciri-ciri yang berbeda dengan hewan darat lainnya. Bertubuh besar, rautnya tampak garang, makanannya rumput, dan juga sangat gemar berendam di dalam air tawar dengan berkelompok. Di negara kita Indonesia, biasanya kita dapat melihat mereka di kebun binatang.

Kuda Nil memang unik sobat, dari nama dan bentuk fisiknya saja sudah bisa kita lihat. Nama Kuda Nil berarti "Kuda = Kuda" dan "Nil = Sungai", jadi Kuda Nil artinya Kuda Sungai. Dari namanya oke biasa saja, namun jika kita lihat dari nama dan bentuk fisik baru kelihatan tuh. Namanya Kuda Nil atau Kuda Sungai tapi kok bentuknya tidak mirip Kuda ya? Tapi malah mirip babi. Disitulah letak keunikanya, namanya memang Kuda Nil tapi ternyata Ia lebih erat berkaitan dengan Babi daripada Kuda.

Nah, itu baru keunikan dari segi nama dan bentuk fisik yang ternyata tidak mirip. Masih banyak fakta unik mengenai Kuda Nil ini, dan blog Sejuta Fakta sudah menyaiapkan artikelnya untuk sobat baca.

Langsung saja berikut ini adalah Fakta Unik Kuda Nil :

1. Kulit Kuda Nil Nyaris Tidak Dapat di Tembus Peluru.

Perlu sobat ketahui, kulit Kuda Nil ternyata hampir tidak tembus dan tahan terhadap peluru. Karena kulit seekor Kuda Nil memiliki tebal mencapai 3,5 cm. Jadi kalau mau berburu Kuda Nil jangan bawa senapan abal-abal, apalagi senapan burung. Wkwkwk...

2. Kemampuan Menyelam Yang Luar Biasa
Sobat, kamu kalau menyelam tanpa alat bantu / oksigen bisa bertahan berapa menit? Paling 1 menit udah ngos-ngosan, iya kan??
Berbeda dengan Kuda Nil yang juga bernafas dengan paru-paru, Kuda Nil dapat menahan nafas dalam air selama 5 menit. Bahkan bayi Kuda Nil yang baru lahir sekali pun. Luar Biasa..!

3. Mulut dan Giginya
Kuda Nil memiliki mulut yang lebar, bahkan mulutnya dapat membuka dengan sudut hingga 150 derajat dan selebar 1,3 meter. Giginya pun juga besar dan terdapat gading seperti halnya gajah, gading tersebut bisa tumbuh mencapai panjang 1 meter.

4. Larinya Cepat
Meskipun kita ketahui Kuda Nil sebagai hewan bertubuh bongsor dan berkaki pendek serta suka bermalas-malasan di air, namun jangan di anggap remeh soal kecepatan larinya. Perlu sobat ketahui ternyata Kuda Nil mampu berlari dengan cepat. Untuk jarak pendek, mereka mampu berlari secepat 30 km/jam, lebih cepat dari kecepatan lari manusia. Jangan sampai sobat mengajak balap lari sama hewan yang satu ini, bisa gempor tuh kaki.

5. Menghabiskan Waktu Siangnya Untuk Berendam Dalam Air
Sobat pas berlibur ke kebun binatang dan melihat hewan yang satu ini pasti sobat lebih sering melihat mereka sedang bersantai di dalam air, iya kan?
Memang, Kuda Nil suka menghabiskan Waktu siangnya untuk bermalas-malasan di dalam air ataupun lumpur. Bahkan tidur, bereproduksi dan melahirkan pun di lakukan di dalam air. Hmm, sungguh hewan yang unik.

6. Cara Memikat Lawan Jenis
Bukan cuma manusia yang hobi dalam urusan asmara, hewan seperti Kuda Nil pun juga mempunyai urusan asmara. Jika manusia memikat lawan jenis dengan rayuan gombal atau memberi bunga, berbeda halnya dengan Kuda Nil. Untuk memikat lawan jenisnya atau menarik perhatian pasangannya, Kuda Nil melakukannya dengan cara buang air kecil dan buang air besar. Waow..! Sungguh aneh, coba deh sobat praktekin cara Kuda Nil ini untuk memikat lawan jenis kamu.. Wahahaha pasti langaung di bogem deh kamu.

7. Cara Menandai Derah Kekuasaannya
Kuda Nil juga memiliki cara unik untuk menandai daerah Kekuasaannya. Jika kucing di rumah kita menandai daerah kekuasaannya dengan mencakar, Kuda Nil menandai daerah kekuasaannya dengan menggubakan kotorannya. Kalau kamu pakai apa sob?

8. Kuda Nil Tidak Memiliki Kelenjar Keringat.
Kuda nil tidak memiliki kelenjar keringat yang sejati, tetapi mereka memiliki kelenjar lendir yang melepaskan sekresi berminyak yang sering disebut sebagai "keringat darah. Meskipun namanya demikian, sekresi ini bukanlah darah ataupun keringat, tapi merupakan campuran asam hipposudoric dan asam norhipposudoric yang memiliki peranan penting dalam kesehatan kuda nil.

9. Susu Kuda Nil Berwarna Pink?
Banyak informasi beredar bahwa Kuda Nil memiliki air susu yang berwarna pink, Informasi ini salah besar. Jika di lihat memang susu Kuda Nil berwarna pink, namun warna asli dari susu Kuda Nil adalah putih seperti susu hewan pada umumya. Bisa berwarna Pink karena air susu tersebut telah bercampur dengan 2 asam unik yang diproduksi Kuda Nil. Yaitu asam Hipposudoric yang berwarna kemerahan dikenal dengan sebutanblood sweat (bukanlah darah ataupun keringat) dan asam Norhipposudoric memiliki warna oranye cerah.

10. Kuda Nil Kentut Lewat Mulut
Benarkah Kuda Nil kentut lewat mulut? Jawabannya benar. Ketika kudanil membuka mulutnya dan terdengar suara besar dari mulutnya, memang sebenarnya itu adalah bunyi dari kentutnya. Hal ini dikarenakan tempat penampung gas di bagian pantatnya sangat kecil. Kalau kamu lewat mana sob?

Hmm, memang benar-benar menakjubkan cipataan tahan ini. Dari hewan yang besar dan memiliki berat 1.5 sampai 3 ton tersebut memiliki banyak fakta unik, salah satunya tadi memiliki kecepatan lari yang luar biasa dan ternyata fakta Kuda Nil kentut lewat mulut itu benar.
Sampai di sini dulu ya sob, somoga artikel yang membahas mengenai Fakta Unik Kuda Nil ini bermanfaat dan semakin menambah ilmu pengetahuan sobat semua.
Bye-bye, jangan lupa komentar..

Kata Kunci :
*Kuda Nil
*Fakta Kuda Nil
*Fakta Kuda Nil Kentut Lewat Mulut
*Fakta Tentang Kuda Nil
*Fakta Unik Kuda Nil
*Fakta Mengenai Kuda Nil
*Fakta Unik Tentang Kuda Nil
*Fakta Menarik Tentang Kuda Nil
*Kuda Nil vs Buaya
*Kuda Nil Makan Manusia
*Kuda Nil vs Hiu
*Kuda Nil Animasi

Related Posts:

1 Response to "Fakta Unik Kuda Nil"

  1. wah fakta-fakta mengenai kuda nil sungguh unik ya, makin pengen liat kudanil langsung

    ReplyDelete

Hay sobat, jangan lupa tinggalkan komentar ya, karena komentar sobat sangat bermanfaat bagi kelangsungan blog ini.
Berkomentarlah dengan bijak tanpa menyinggung pihak lain, tanpa unsur sata dan pornografi.